bookmark bookmark
Sygma On June - 18 - 2010

Tips bagi para orang tua agar dapat membimbing anak-anaknya yang cerdas.

  1. Amati dan pahami kelebihan dan kekurangan anak.  Anak yang cerdas sekalipun, tidak berarti dia menguasai semua bidang. Sebagai manusia dia juga tetap memiliki kekurangan. Berikan tuntunan yang realistis dan sesuai dengan kemampuan atau potensi yang dimilikinya. Memaksakan anak untuk menguasai sesuatu yang tidak sesuai dengan potensi yang dimilikinya atau yang bukan minatnya hanya akan membuat anak tertekan.
  2. Ada baiknya para orang tua bersama-sama ahli mencari tahu dengan jelas potensi-potensi apa yang dimiliki anak dan mendiskusikan program apa yang baik diberikan kepada anak, sekolah apa yang baik untuk anak, dan pada tingkat mana pelajaran harus diberikan kepada anak.
  3. Berikan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan minat anak. Sediakan sarana atau lingkungan yang memungkinkan anak untuk dapat mengembangkan potensinya.
  4. Sering-seringlah mengajak anak berialog. Beri anak kesempatan untuk mengemukakan pendapat atau keinginannya. Beri anak kebebasan untuk berfikir dengan cara yang berbeda dengan kita karena akan-anak yang cerdas biasanya memiliki minat yang luas dan memiliki banyak topik pembicaraan yang ingin di sampaikan.
  5. Simaklah apa yang diceritakan oleh anak dan jawablah pertanyaan anak dengan tepat, sabar, dan bijak. Jangan matikan rasa ingin tahu dan kreativitas anak dengan ketidak pedulian atau jawaban asal-asalan. Alangkah baiknya jika dalam menjawab pertanyaan anak, kita juga mengarahkan anak untuk bersama-sama menemukan jawabannya melalui buku, koran, dan sebagainya sehingga anak juga terlatih untuk berfikir dan berusaha aktif dalam menemukan solusi.
  6. Memberikan pembinaan mental. Anak cerdas bukan berarti anak yang serba tahu bagaimana harus bertingkah laku. Seperti anak-anak yang lain, anak yang cerdas juga harus diarahkan untuk mengenal disiplin, tanggung jawab, dan memiliki keterikatan yang kuat pada tugas yang sedang dihadapinya.
  7. Diperlukan kreativitas orang tua atau guru dalam membimbing anak-anak yang cerdas agar terhindar dari problem psikologis akibat kecerdasan yang dimilikinya seperti masalah sulit beradaptasi, stress, suka mengganggu teman, atau membuat keonaran karena merasa bosan dengan pelajaran di sekolah.
  8. Jangan menganakemaskan anak cerdas dibadingkan dengan saudara-saudaranya yang kurang cerdas. Hal itu membuatnya menjadi anak yang egois, manja dan berbuat semaunya.
  9. Ciptakan suasana rumah yang penuh kedamaian, rasa cinta dan saling menghormati karena hal itu akan mendukung tercapainya aktualisasi kecerdasan yang di miliki anak terutama untuk perkembangan bahasa, pikiran, emosi dan kesempatan sosialnya.
  10. Beri anak kesempatan untuk bermain dan bergaul dengan teman-temannya. Jangan memaksa anak untuk ikut banyak les yang menghabiskan waktu bermainnya. Jangan memaksa anak untuk lebih dini dan lebih cepatdalam menyelesaikan kurikulum di sekolah. Biarkan anak tumbuh dan berkembang sesuai usianya.
  11. Ciptakan pola pengasuhan yang bersifat Authoritatif (berwibawa). Berikanlah pengertian kepada anak tentang alasan sari aturan atau perintah yang diberikan dan bersikaplah terbuka terhadap kenginan anak. Namun, tetap berikan batasan-batasan agar anak tetap ada di jalur yang tepat.
Categories: Artikel

16 Responses

  1. sofi says:

    buku Muhammad Teladanku adalah buku shiroh Nabi Muhammad yg sgt menarik yg pernah saya temui.recommended.ga rugi utk dimiliki 😀

  2. Keren mas, saya baru tau tentang ini

  3. mas, bisa tukeran link ga?

  4. Bunda Sabina says:

    Alhamdulillah, senang rasanya sy menemukan Mute-nya Sygma. Semoga banyak yg bisa saya share buat teman2 sy. Maafkan sy kutip tulisan2nya untuk di share bwt teman2 sy. Terima Kasih Sygma 🙂

  5. Bunda Sabina says:

    Terima kasih,……. artikelnya sy share juga ke teman2 lain. 🙂

  6. KB-TK yaa bunayya surakarta says:

    trimakasih atas tulisannya kami minta izin tuk copy artikelnya tuk diposting di blog paudceria.blogspot.com

  7. Saya terkesan dengan cara Anda mengekspresikan pikiran-pikiran Anda tentang Muhammad Teladanku ‘ Tips Membimbing Anak. Saya tidak bisa belive bahwa seseorang dapat menulis sebuah cerita yang menakjubkan seperti Thet tentang Aku cinta Muhammad Teladanku ‘ Tips Membimbing Anak.

  8. coupons says:

    Aku benar-benar dapat mengatakan bahwa saya belum pernah membaca informasi yang berguna begitu banyak tentang Muhammad Teladanku ‘ Tips Membimbing Anak. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada webmaster dari muhammadteladanku.com.

  9. musik mp3 says:

    Thanks artikelnya, keep posting and salam kenal… 🙂

  10. sangat membantu bos…

  11. wow, blog yang sangat informative! I love it…

  12. promo codes says:

    Saya terkesan membaca seperti cerita yang kuat tentang Muhammad Teladanku ‘ Tips Membimbing Anak. Saya akan posting link di situs kupon saya untuk posting blog ini . Aku akan kembali untuk membaca lebih.

  13. omdimas says:

    Kunjung balik ya gan … hehehe

Leave a Reply

Protected by WP Anti Spam