bookmark bookmark

EMIA1

EMIA2

EMIA3

BUKU 1 : KEAJAIBAN PENCIPTAAN

BAB 1    Sistem Menakjubkan untuk Kehidupan Baru

BAB 2    Pasukan Hebat dengan Sasaran Tepat

BAB 3    Sel Telur dan Penciptaan Manusia Baru

BAB 4    Penciptaan Manusia dari Satu Sel

BAB 5    Menyongsing Kehidupan di Dunia Baru

BAB 6    Embriologi Menolak Kebohongan Evolusi

Sinopsis : Ensiklopedia Mukjizat Ilmiah Al Qur’an

Keajaiban Penciptaan

Pernahkah Anda bertanya, siapakah yang menciptakan tubuh Anda? Siapa yang membuat mata, tangan, dan organ-organ tubuh Anda?

Jika berpikir lebih lanjut, Anda akan menemukan sebuah fakta yang sangat menakjubkan: beberapa tahun yang lalu, Anda hanyalah makhluk hidup mikroskopik sangat kecil yang terdiri dari satu sel sehingga terlalu kecil untuk dapat dilihat dengan mata telanjang.

Walaupun ukuran dan bahan yang membentuk Anda tidak jauh berbeda dengan bakteri, keajaiban pun terjadi. Sel seukuran bakteri itu tumbuh berjuta kali lipat sampai kemudian menjelma menjadi seorang bayi. Ia tumbuh dan berkembang menjadi seorang manusia yang berakal dan kini manusia itu tengah membaca sampul buku tentang penciptaan dirinya sendiri. Bagaimana keajaiban itu terjadi?

Anda akan temukan jawabannya dalam buku ini. Anda akan melihat seperti apa keajaiban penciptaan manusia yang sebenarnya serta bukti-bukti kemahakuasaan Allah Swt. yang menciptakan manusia dari setetes air. Anda akan mengetahui bahwa Teori Evolusi yang menyatakan manusia tercipta dari “ketidaksengajaan” adalah sebuah takhayul di hadapan akal sehat dan ilmu pengetahuan. Lebih jauh lagi, Anda akan memahami bahwa Tuhan yang menciptakan Anda juga berkuasa untuk membangkitkan kembali manusia setelah matinya.

 

BUKU 2 : KEAJAIBAN ENZIM

BAB 1    Harmoni Sempurna antara Enzim dan Tubuh Manusia

BAB 2    Unsur-unsur Sempurna Enzim

BAB 3    Jenis-jenis Enzim

BAB 4    Beberapa Enzim Istimewa

BAB 5    Teknologi Enzim

BAB 6    Enzim Adalah Segenap Keajaiban Penciptaan

Sinopsis : Ensiklopedia Mukjizat Ilmiah Al Qur’an

Keajaiban Enzim

Enzim adalah protein maka ia memiliki struktur protein yang memiliki ciri-ciri struktur tiga dimensi protein yang unik. Oleh karena itu, enzim melekat dengan mudah ke molekul lain dan ikut serta dalam berbagai reaksi.

Bayangkan suatu enzim yang terdiri atas 100 asam amino (ada 20 jenis asam amino dalam organism hidup) dapat diatur dalam 10.020 cara. Namun, salah sau dari rangkaian ini akan membentuk enzin yang tepat. Di sini, gen-genlah yang atas kehendak Allah menentukan rangkaian yang benar. Seperti protein yang berada dalam struktur sel atau yang memperlihatkan kegiatan enzim disentesis oleh gen yang menginformasikan kepada enzim mengenai tugas yang harus dilakukannya. Dengan kata lain, perintah-perintah terkodekan dari gen menentukan reaksi yang harus dimasuki oleh enzim. Berdasarkan informasi ini, enzim mengarah ke molekul tertentu yang akan dibantunya bereaksi.

Buku ini membicarakan keajaiban pada enzim. Terlihat sepele, tetapi memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Ini merupakan penciptaan yang luar biasa dari Allah Swt.

 

BUKU 3 : KEAJAIBAN SEL

BAB 1    Bentuk Kehidupan Terkecil

BAB 2    Rahasia Dunia DNA

BAB 3    Sintesis Protein Dalam Sel

BAB 4    Sistem Di Dalam Sel

BAB 5    Protein Si Molekul Ajaib

BAB 6    Membran Sel

BAB 7    Perkembangan Dalam Rahim Ibu

BAB 8    Produksi Energi Dalam Sel

BAB 9    Virus

BAB 10  Sel Tumbuhan

Sinopsis : Ensiklopedia Mukjizat Ilmiah Al Qur’an

Keajaiban Sel

Pokok bahasan buku ini adalah “sel”. Banyak orang berkata bahwa topic ini masuk ke dalam ranah biologi atau bahkan kimia dengan alas an pembahasan tentang sel manusia hanya ditemukan dalam buku pelajaran biologi atau kimia. Kemdati demikian, buku yang ada di tangan Anda ini bukan buku pelajaran. Buku ini bukan dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan ilmuah Anda dan bukan untuk mengajarkan biologi secara terperinci. Jika hanya dimaksudkan untuk hal itu, meningkatkan pengetahuan biologi sel tidaklah terlalu bermanfaat.

Buku ini dimaksudkan untuk membantu Anda ketika merenung. Buku ini mengurai beberapa informasi teknis tentang sel, tetapi pada saat bersamaan, mengajukan pertanyaan penting dan mencari kearifan di balik peristiwa-peristiwa yang biasanya digambarkan demikian kering.

Dengan menyingkap fakta yang coba ditutup-tutupi para ilmuwan evolusionis, buku ini menyingkap keajaiban dalam sel. buku ini menyingkap bahwa kecerdasan yang diperlihatkan sel bukan terjadi dengan sendirinya. Seperti smua makhluk, sel menjalankan tugas-tugas yang diberikan Allah. Kecerdasan yang diperlihatkannya pun adalah kecerdasan Allah.

 

BUKU 4 : KEAJAIBAN SISTEM HORMON

BAB 1    Dua Pengelola Tubuh Kita : Hipotalamus dan Kelenjar Pituitari

BAB 2    Ritme Kehidupan : Kelenjar Tiroid

BAB 3    Kalsium – Meter yang Peka

BAB 4    Pabrik Gula di Dalam Tubuh Kita

BAB 5    Kelenjar Adrenalin

BAB 6    Hormon Kelamin

BAB 7    Komunikasi di Dalam Sel

BAB 8    Sistem Kode Pos di Dalam Sel

BAB 9    Komunikasi di Dalam Sel Saraf

BAB 10  Kurir yang Hebat : Nitrogen Monooksida

Sinopsis : Ensiklopedia Mukjizat Ilmiah Al Qur’an

Keajaiban Sistem Hormon

Sistem hormon bersama sistem saraf memastikan adanya koordinasi antarsel tubuh. Apabila system saraf disejajarkan dengan pengiriman pesan di internet, sistem hormon ibarat pengiriman melalui pos: lebih lambat, tetapi efeknya bertahan lebih lama.

Jika kita mempelajari sistem-sistem yang mengendalikan tubuh ini, menjadi jelaslah bahwa kebanyakan manusia tidak menyadarinya. Orang beranggapan bahwa mereka sendirilah yang mengendalikan fungsi tubuh. Jika Anda bertanya, “Berapa bagian tubuh Anda yang Anda kendalikan?” Dia alan menjawab, “Semuanya.” Namun, jawaban ini berlawanan dengan fakta ilmiah.

Buku ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk memperlihatkan (dengan didukung bukti ilmiah) kepada kaum Darwinis dan materialis yang mendewakan peristiwa kebetulan bahwa filosofi mereka tidak masuk akal dan lemah. Kedua, menunjukkan kepada mereka yang beriman contoh keluarbiasaan ciptaan-Nya sehingga mereka dapat melihat kehebatan, kekuasaan, dan keagungan Allah Swt. serta memuliakan-Nya.

 

BUKU 5 : KEAJAIBAN LISTRIK DALAM TUBUH

Sinopsis : Ensiklopedia Mukjizat Ilmiah Al Qur’an

Keajaiban Listrik Dalam Tubuh

Akan seperti apakah hidup kita tanpa hadirnya listrik? Kita harus menemukan cara untuk turun dari lantai 15 sebuah gedung tanpa tangga berjalan. Kita harus memutar otak agar makanan kita tidak cepat basi dalam kulkas. Kita akan berhenti menonton televise, menghangatkan santapan malam dalam microwave, mendengarkan lagu-lagu favorit melalui perangkat stereo, mengeringkan rambut dengan cepat, mendinginkan kamar tidur dengan AC, menerangi ruangan dengan menyentuh saklar, atau menjalankan mesin-mesin penting, seperti mesin pencuci piring, mesin pencuci pakaian, atau mesin pengering pakaian. Pada malam hari, rumah kita akan gelap gulita dan tidak aman. Kita pun tidak dapat lagi menggunakan teknologi penghemat waktu, seperti alat pemanas listrik, ceret, lampu meja, video, dan computer yang semuanya membuat hidup kita menjadi jauh lebih mudah. Pada skala yang lebih besar, lalu lintas, komunikasi, transportasi, system keamanan, tempat kerja, distribusi air, produksi energy, publikasi dan pers akan berantakan karena smuanya berganting pada listrik.

Arti penting listrik adalah jika berhenti mengalir dapat menjadikan kehidupan sepenuhnya tidak bergerak. Seperti halnya kabutuhan sebuah kota terhadap listrik, tubuh kita pun membutuhkan listrik dalam kapasitas yang lebih besar. Tubuh manusia membutukan listrik untuk menjalankan beragam proses yang sepadan dengan produksi energy, komunikasi, keamanan, pemeliharaan, dan perbaikan. Pendeknya, kehidupan menjadi tidak mungkin jika tidak ada sistem listrik dalam tubuh yang bahkan lebih penting daripada jaringan listrik di kota-kota.

 

BUKU 6 : KEAJAIBAN DARAH DAN JANTUNG

BAB 1    Darah : Cairan Kehidupan Tiada Banding

BAB 2    Jantung : Mesin Paling Efisien di Dunia

BAB 3    Pembuluh Darah : Sebuah Jejaring Transportasi Sempurna

BAB 4    Kebutuhan Evolusi di Hadapan Kesempurnaan Sistem Peredaran Darah

Sinopsis : Ensiklopedia Mukjizat Ilmiah Al Qur’an

Keajaiban Darah dan Jantung

Jika Anda belum pernah menyadari adanya darah yang mengalir dalam tubuh Anda kenudian tiba-tiba suatu hari menemukannya, Anda akan terkejut. Fakta pertama yang akan membuat awah kulit. Ketikah warna merah yang tampak di bawah kulit. Ketika Anda tahu bahwa terdapat cairan yang menyebabkannya terus0menerus mengalis dengan kecepatan tinggi, Anda bahkan akan lebih terkesima. Ketika digaruk atau digores, Anda akan melihat bagaimana darah mengalir ke permukaan. Ia segera berhenti dan membeku sendiri. Ketika memeriksa cara bekerjanya dengan terperinci, Anda akan menyadari bahwa tubuh Anda tidak bisa bertahan hidup tanpa tubuh Anda. Lalu, Anda mulai bertanya-tanya bagaimana dan mengapa cairan khusus ini ditempatkan di dalam tubuh Anda?

Menurul ahli evolusi, alam semesta yang sangat memesona, tubuh manusia yang sempurna, beraneka rupa spesies hewan dan tumbuhan dan segala sesuatu yang ada muncul secara kebetulan. Naming, ketika kita menelaah apa pun yang ada di Bumi dengan terperinci, kita dapat melihat dengan mudah betapa keliru teori evolusi itu. Tiap sistem biologis sangatlah terperinci dan bernalar sehingga jauh dari kemungkinan muncul karena kebetulan. Penyimpangan sedikit saja jelas akan menganggu cara kerjanya.

Ada kesempurnaan di tiap bagian dan tiap perincian dalam sistem. Manusia menemukan seluk-beluk sistem yang sempurna ini baru ratusan tahun terakhir dan hanya bersifat umum. Allah Yang Mahakuasa, Dia yang mengungguli segalanya, yang menciptakan semua ini.

 

BUKU 7 : KEAJAIBAN MATA

BAB 1    Rancangan Mata yang Sempurna

BAB 2    Bagaimana Penglihatan Dirakit?

BAB 3    Penciptaan Mata

BAB 4    Mata dan Teknologi

BAB 5    Mata Hewan dan Serangga

BAB 6    Siapa yang Melihat?

Sinopsis : Ensiklopedia Mukjizat Ilmiah Al Qur’an

Keajaiban Mata

Sebelun Anda selesai membaca kalimat ini, kira0kira saratus miliar proses (100.000.000.000) telah terjadi di dalam mata Anda. Ia terlihat sungguh mengagumkan dan Anda tifak hanya memiliki satu, tetapi dua teknologi puncak di jagat raya ini. Belum ada satu pun ilmuwan yang benar-benar bisa memahaminya, apalagi menciptakan sesuatu yang sedikit mirip dengan teknologi ini.

Semua yang Anda alami dalam kehidupan menjadi bermakna berkat indra penglihatan dan indra lainnya. Tanpa penglihatan, Anda tidak akan bisa membayangkan warna, bentuk, pemandangan, wajah manusia, atau memahami makna kata keindahan. Namun, kenyataannya Anda memiliki mata. Berkat kedua mata itu, kini Anda dapat membaca kata-kata yang tercetak di hadapan Anda ini.

Tindakan memandang juga tidak menuntut terlalu banyak usaha dari Anda. Untuk melihat suatu benda, Anda hanya perlu mengarahkan pandangan kepadanya.

Anda tidak perlu pula bekerja keras membuat sepasang alat indah ini. Saat dilahirkan, Anda memperoleh mata sebagai perlengkapan standar dengan biaya pemasangan gratis dan kinerja sempurna kecuali jika Anda mengalami cacat tertentu. Setelah itu, agaknya tidak mungkin Anda berkeinginan mengajukan pertanyaan, seperti saat menerima hadiah mahal tanpa disertai nama pemberinya. Misalnya, “Mengapa aku mendapat hadiah ini?” atau, “Siapa yang mengirimkannya untukku?” atau, “Apa yang mereka inginkan sebagai balasannya?” Yakinlah bahwa Sang Pencipta yang meminjamkan berkah ini kepada Anda akan meminta pertanggungjawaban saat perjanjian telah berakhir, lebih cepat dari yang Anda kira.

 

BUKU 8 : KEAJAIBAN INDRA PENCIUMAN DAN PENDENGARAN

BAB 1    Penciptaan dalam Sistem Penciuman

BAB 2    Mekanisme dalam Sistem Penciuman

BAB 3    Apa yang Ditunjukkan oleh Aroma dan Sistem Penciuman?

BAB 4    Indra Pemciuman Hewan

BAB 5    Kaum Evolusionis Tidak Dapat Menjelaskan Asal Mula Indra Penciuman

BAB 6    Teknologi dalam Sistem Penciuman

BAB 7    Penciptaan Sempurna pada Indra Pengecap

Sinopsis : Ensiklopedia Mukjizat Ilmiah Al Qur’an

Keajaiban Indra Penciuman dan Pendengaran

Dapatkah Anda mengingat aroma menyenangkan yang pernah Anda cium dalam hidup? Bermacam-macam aroma akan hinggap dalam pikiran Anda: semua aroma pada musin semi yang dikeluarkan oleh mawar, anyelir, melati, lavender, rumput, dan tumbuh-tumbuhan lain; bau yang dihasilkan oleh jeruk, durian, pisang; bau-bauan memesona yang berasal dari berbagai wewangian; keharuman berbagai jenis rempah-rempah; aroma yang kaya akan roti tawar atau bakar, tomat, telur, zaitun, the, kopi, atau susu saat Anda sarapan pada pagi hari; serta baud aging panggang atau segarnya wangi sebatang sabun.

Selain itu, ingatlah semua kelezatan yang pernah Anda cicipi. Semua cita rasa dari berbagai makanan, hidangan penutup, daging, ikan, sayuran, sup, selada, kue, pastel, buah-buahan, minuman, selai, es krim, permen, dan semacamnya, terutama ketika Anda lapar!

Setiap orang memiliki ingatan abadi dan permanen terhadap cita rasa dan aroma. Bahkan, hanya dengan mengingat beberapa aroma dan cita rasa tersebut untuk sesaat, bisa membangkitkan kegembiraan kita. Tidak diragukan lagi, kegembiraan ini merupakan sebuah karunia tiada banding yang pantas untuk kita syukuri.

Al Qur’an Al Karim menginformasikan tentang betapa banyaknya nikmat dari Allah Swt. dan tidak aka nada seorang pun yang mampu mengitungnya.

“Dan jika kamu menghitung nikmah Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, Allah benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

(QS An Nahl, 16:18)

 

BUKU 9 : KEAJAIBAN FOTOSINTESIS

Pendahuluan     Fotosintesis : Keajaiban Hijau

BAB 1                    Pabrik Hijau yang Bekerja Demi Kita

BAB 2                    Penciptaan dan Keanekaragaman Daun

BAB 3                    Apa yang Terjadi di Dalam Daun?

BAB 4                    Warna Musim Gugur

BAB 5                    Fotosintesis

BAB 6                    Mekanisme Fotosintesis

BAB 7                    Klorofil : Keajaiban Hijau

BAB 8                    Fotosintesis : Proses yang Menyangkal Gagasan Evolusionis tentang Kebetulan

Simpulan             Siapa yang Memerintah Tumbuhan?

Sinopsis : Ensiklopedia Mukjizat Ilmiah Al Qur’an

Keajaiban Fotosintesis

 

Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang special. Dia memiliki kemampuan fotosintesis, yaitu merupakan proses untuk mengubah cahaya menjadi makanan dan energy. Mekanisme pada klorofil atau dedaunan hijau secara konstan menghasilkan oksigen, membersihkan udara, dan memastikan kesetimbangan ekologi. Kemampuan estetika mereka, seperti rasa, aroma, dan warna yang menarik, terutama bagi manusia, secara jelas memperlihatkan ilmu yang tidak terbatas dari Al Khaliq, Alhha Swt., Pencipta semua yang ada. Di antara semua jenis tumbuhan yang ada di muka Bumi, baru sekitar 10.000 jenis yang telah dipelajari secara terperinci oleh manusia, khususnya tentang keunikan system dan manfaat yang dimilikinya. Penelitian ini telah member petunjuk bagi kita bahwa setiap tumbuham memiliki kepampuan mencengangkan yang tidak terbayangkan sebelumnya.

 

Bagi siapa saya yang ingin mengenal Allah Swt. menghargai sifat-sifat-Nya, dan ingin mendekatkan diri kepada-Nya, akan lebih mudah melakukannya dengan cara melihat, merenungkan, meneliti, dan menelaah keajaiban ciptaan-Nya. Salah satu objeknya adalah tumbuhan walau hanya pada sehelai daun. Dengan cara ini, kita dapat menemukan jalan untuk menemukan kebenaran hakiki, sesuatu yang Anda bayangkan hanya untuk para ilmuwan. Hal ini menawarkan daya tarik alami kepada setiap individu yang mengamati.

 

BUKU 10 : KEAJAIBAN BIJI

Sinopsis : Ensiklopedia Mukjizat Ilmiah Al Qur’an

Keajaiban Biji

 

Semua orang mengetahui apa itu biji. Mereka pun mengetahui bahwa semua tumbuhan berkecambah dari benih berupa biji. Akan tetapi, sebagian dari mereka berhenti untuk bertanya, mengapa begitu banyak ragam tumbuhan berasal dari sesuatu yang menyerupai sepotong kayu halus? Sedikit juga di antara mereka yang bertanya, bagaimana biji dapat mengandung informasi yang berhubungan dengan karakteristik tumbuh-tumbuhan? Apakah informasi yang dimiliki oleh biji kemudian dikodekan olehnya sendiri secara individu sehingga menjadi seperti tumbuhnya ketika besar? Bagaimana buah dengan rasa, aroma, dan tingkat rasa manisnya yang tepat dapat berasal dari sesuatu yang kecil dan kering? Apaka biji menghasilkanpohon dan memberinya buah? Apakah biji yang menentukan bentuk dan warna dari buah dan bunganya? Apakah biji itu yang mengemas semua informasi pada pohon ini ke dalam embrio yang dikandungnya?

 

Buku ini menkawab semua pertanyaan tersebut dan pertanyaa-pertanyaan lainnya. Buku ini menjelaskan secara komprehensif bahwa biji merupakan bukti kekuasaan Allah Swt. yang tanpa batas dan bukti keagungan-Nya dalam mencipta.

 

BUKU 11 : KEAJAIBAN MIGRASI PADA HEWAN

Pendahuluan     Keajaiban Migrasi Pada Hewan

BAB 1                    Kecerdasan yang Maha Tinggi di Balik Migrasi

BAB 2                    Hewan yang Bermigrasi di Udara

BAB 3                    Hewan yang Bermigrasi di Laut

BAB 4                    Hewan yang Bermigrasi di Darat

BAB 5                    Batu Sandungan Dalam Teori Evolusi : Migrasi Hewan

Simpulan             Allah-lah Penguasa Segalanya

 

Sinopsis : Ensiklopedia Mukjizat Ilmiah Al Qur’an

Keajaiban Migrasi Pada Hewan

Ikan paus dan banyak makhluk hidul lainnya bekerja berdasarkan pengetahuan teknis semacam ini. Sepanjang hidup mereka, makhluk-makhluk ini, dari bobot 35 – 40 gram (1,2 – 1,4 ons) untuk yang paling ringan hingga 130 ton untuk yang paling berat, menempuh perjalanan secara terus-menerus. Banyak hewan menempuh perjalanan dengan jarak berbeda-beda untuk alas an yang berbeda. Banyak hewan menempuh perjalanan dengan jarak berbeda-beda untuk alas an yang berbeda. Mereka berpindah dari satu taman ke taman lainnya, dari satu sarang ke sarang lainnya, atau dari satu benua ke benua lainnya. Di udara terdapat kelelawar, laba-laba, kupu-kupu, itik, dan angsa berleher pendek; di darat terdapat gajah, zebra, bison, ular, kodok, dan belalang; di laut terdapat lobster, ikan paus, ikan salem, landak laut, dan bintang laut. Semua proses migrasi ini menciptakan keseimbangan yang penting bagi kehidupan hewan. Cara berbagai spesies hewan mengikuti rute migrasi yang lama dan sulit telah menarik perhatian para ilmuwan dan menjadi topic sejumlah proyek penelitian.

Dalam upaya mencari jawaban atas topic ini, para ilmiwan menghadapi sebuah masalah yang pelik. Apa yang mendorong hewan-hewan itu meninggalkan habitat mereka dengan menguras banyak tenaga dan waktu untuk menempuh perjalanan sejauh itu?

Buku ini membahas mengenai keajaiban hewan-hewan yang melakukan migrasi. Suatu tindakan yang ajaib dilakukan oleh para hewan dengan mengikuti kehendak Allah Swt.

 

BUKU 12 : KEAJAIBAN NYAMUK

BAB 1    Petualangan Dimulai

BAB 2    Perkembangbiakan Nyamuk

BAB 3    Tahap-tahap Perkembangan

BAB 4    Tubuh yang Baru

Sinopsis : Ensiklopedia Mukjizat Ilmiah Al Qur’an

Keajaiban Nyamuk

Pandangan mata tidak dapat melihat Allah, tetapi Dia telah menghamparkan bukti keberadaan-Nya yang tidak terhitung di hadapan manusia. Dia telah menunjukkan kecerdasan dan pengetahuan tanpa batas melalui makhluk-makhluk pilihan-Nya. Dengan berkah yang tidak putus, Allah memberikan tugas tidak terbayangkan kepada ciptaan-Nya yang paling sederhana dan tidak dinyana, bahkan tidak berakal.

Alhasil, banyak makhluk, baik besar maupun kecil, dari burung sampai reptile, ikan paus sampai serangga, menunjukkan perilaku dan gerakan tidak terduga yang menimbulkan kekaguman manusia. Tidak-tanduk hewan-hewan ini mencengangkan kebanyakan orang. Bahkan, manusia yang memandang dirinya sebagai makhluk yang cerdas, berwawasan, dan berakal, tidak ada apa-apanya di hadapan banyak kecakapan ini, misalnya kemampuan laba-laba menghasilkan jarring yang lebih kuat dari baja. Bahkan, manusia tidak memiliki kekuasaan menirunya.

Topic buku ini, hanyalah satu dari sekian banyak makhluk yang perilakunya mengisi kita dengan kekaguman.

Namun, inilah makhluk yang kita paling terbiasa dan paling sering bertemu dan mungkin makhluk yang paling belakang kita pikirkan dan tidak berguna menuruk kita. Jadi, mengapa nyamuk? Jawabannya tercantum dalam Al Qur’an:

“Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah daripadanya. Adapun orang-orang yang beriman, mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang ingkar mengatakan, ‘Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?’ Dengan perumpamaan itu, banyak orang yang disesatkan Allah dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik.” (QS. Al Baqarah, 2: 26)

 

BUKU 13 : KEAJAIBAN RAYAP

Pendahuluan     Keajaiban Pada Rayap

BAB 1                    Dunia Rayap yang Tersembunyi

BAB 2                    Penataan Masyarakat Rayap

BAB 3                    Pasukan Rayap

BAB 4                    Sistem Nutrisi yang Mengagumkan

BAB 5                    Komunikasi di Koloni Rayap

BAB 6                    Arsitektur Sarang yang Menakjubkan

BAB 7                    Rayap Pembersih

 

Sinopsis : Ensiklopedia Mukjizat Ilmiah Al Qur’an

Keajaiban Rayap

Di Bumi kita ini banyak makhluk hidup yang menakjubkan.

Selain semut, lebah madu, anjing, kucing, lalat, laba-laba, kuda, ayam, burung camar, burung pipit, dan spesies lain yang sangat akrab dengan keseharian kita, masih banyak hewan yang belum pernah kita jumpai. Di banyak sudut dunia, terdapat ribuan jenis makhluk hidup yang tidak pernah kita dengar. Kapaupun kita mengetahui namanya, tidak dapat kita bandingkan mereka dengan apa pun.

Buku ini membicarakan seekor serangga yang menyerupai semut dalam bentuk fisik dan sebagian cara hidupnya. Kebanyakan kita jarang menjumpai hewan ini di lingkungan sekitar. Ia adalah rayap.

Sebagian orang mungkin terkejut mengetahui ada satu buku yang khusus membahas rayap. Mereka akan bertanya, apa pentingnya serangga ini? Namun, seperti yang akan Anda lihat, makhluk yang tidak terlalu popular ini memiliki karakteristik yang dapat membuka pikiran manusia kepada cakrawala pemikiran yang sama sekali berbeda.

 

BUKU 14 : KEAJAIBAN LEBAH

Sinopsis : Ensiklopedia Mukjizat Ilmiah Al Qur’an

Keajaiban Sistem Lebah

Lebah madu yang dibicarakan di dalam buku ini memiliki sifat-sifat yang mengagumkan. Mereka memiliki pengetahuan teknik dan arsitektur paling menabjubkan di dunia hewan.

Di dalam buku ini, pembaca akan melihat behwa tidak ada “perjuangan untuk bertahan hidup” yang sewenang-wenang, baik di alam maupun kehidupan lebah. Hal ini bertentangan dengan yang dianut oleh Teori Evolusi. Layaknya semua makhluk di Bumi, lebih bertingkah laku sesuai dengan ilham dari Allah.

“Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, ‘Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian, makanlah dari segala (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahlan (bagimu).’ Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir.” QS An Nahl, 16:68-69